Selasa, 11 November 2014

Senin, 03 November 2014

Pendaftaran Calon Anggota Legislatif Wilayah Fateta

ini pasti yang ditunggu tunggu kan??? :)
ini dia saatnya untuk mu angkatan 49 dan 50 berkontribusi dan berorganisasi di Fateta kita tercinta.

"Kamu muda, maka yang dapat kamu lakukan adalah berkontribusi baik untuk dirimu maupun untuk orang lain. jangan melihat ukuran dari kontribusimu. karena kamu tidak akan tau kebaikan sekecil apa yang akan membuat kamu menjadi besar suatu saat nanti" (Marvie 2014)

"Jengah ga sih kalian dengan sikap buruk dari anggota DPR RI yang sering kita dengar di berita?
Yuk, kita pelajari, gimana sih sesungguhnya legislator itu." (Utami 2014)


Pembukaan Pendaftaran Calon Anggota DPM Fateta tahun pengabdian 2014/2015


Lengkapi Berkas dan Segera Kumpulkan teman teman :D

  1. Fotokopi KTM dan Foto terbaru 3 x 4 (berwarna 2 Lembar)
  2. Fotokopi sertifikat MPF/surat keterangan lulus tech-F yang ditandatangani ketua Tech-F
  3. Formulir pendaftaran (ambil di sekret DPM F)
  4. Surat Rekomendasi KOMTI (50, 49, 48) departemen yang kamu wakilkan
  5. Essay 900 - 1200 kata dengan tema "peran DPM dalam menciptakan LK Fateta yang sinergis"
  6. Curriculum Vitae


info lebih lanjut
Contact Person : 0878 6967 6096 (Faisal Pratama)

Selasa, 21 Oktober 2014

Minggu, 19 Oktober 2014

Ini E-Vote Fateta

temen - temen semua jangan pada lupa yooo.. hari kamis, tgl 13 November 2014 nih... coblos buat presma KM IPB, naaaahh... Fateta kita punya E-Vote doongg..
hehe..

temen-temen bakal memilih Presma-wapresma KM IPB 2015 dan Ketua - wakil ketua BEM Fateta 2015. silahkan datang ke TPS, di Node Sapta broh..

‪#‎IniEvoteFateta‬ 
Yuk, belajar buat milih Calon Ketua-Wakil Ketua BEM Fateta IPB 2015. Caranya? Gampang! Check this out, Reds! ‪#‎JanganLupaVote‬


Sabtu, 18 Oktober 2014

Pasangan Calon Ketua dan Wakil Ketua BEM Fateta 2014/2015




Hasil verifikasi lanjutan (17 Oktober 2014) 

Bakal calon Ketua dan Wakil Ketua BEM Fateta 2014/2015 ialah ada 2 bakal pasangan calon yang lolos verifikasi. 
Pasangan calon yang lolos verifikasi
Nomor urut 1: Ahmad Waliyuddin (TIN 49) - Muhammad Fadhil (TMB 49)
Nomor urut 2: Haekal Rasyid S. (ITP 49) - Fikie Mardanus (TMB 49)

Kenali mereka lebih dekat. 


FATETA SOLID!  :)

Kamis, 28 Agustus 2014

YLOT-Young Legislative on TOP

Mempersembahkan... 
Khusus temen2 Fateta 50

"Young Legislative on Top---YLOT"
didesain untuk kamu-kamu yang ingin mengupgrade kemampuan leadership kamu.. seru seruan bareng.. kenal teman baru.. dan berkumpul bersama mahasiswa fateta yang ingin tau ilmu legislative..
Join Us!!!
tunggu apa lagi. 
bakal banyak orang-orang kece yang didatangkan ke sini hehe..
sabar.. ditunggu aja..
-peningkatan skill leadership
-upgrade kemampuan komunikasi
-teknik musyawarah
-manajemen konflik
-problem solving
di puncak acara bakal ada hal yang luarbiasa dan dikemas dalam outbond seru..!!!
see? tunggu apa lagi... ayoo daftar sekarang 
gampang banget.
*ambil form di sekretariat DPM Fateta, kemudian isi 
*pas foto 2 lbr
*fotocopy sertifikat MPKMB
*fotocopy KTM
kumpulkan di sekret DPM F lagi yaa.. ditunggu sampai hari kamis 4 september 2014 
ayooooo! 


Sabtu, 26 April 2014

Lokakrya Fateta 2014: For Our Golden Fateta


P R E S S
  R E L E A S E


Lokakarya LK Fateta 2014 merupakan acara tahunan DPM F yang dilaksanakan pada 23 dan 24 April 2014 kemarin. Kali ini, tema yang diusung adalah “Harmonisasi LK Fateta dan Dekanat dalam Menyambut Fateta Emas”. Acara yang dilaksanakan di node sapta ini terdiri dari presentasi LK/LS, dialog publik dekan, dan pameran poster LK/LS. Acara dibuka dengan penampilan freeze mob dan flash mob serta menyanyikan mars Fateta. Presentasi mengenai struktur anggota, visi, misi, nilai, dan deskripsi program kerja masing-masing LK/LS dibawakan oleh para ketua LK/LS Fateta, Santra Wiraga (DPM F), Delmar Zakaria Firdaus (BEM F), Hendra Saputra Darman (FBI), Fathurrahman Naufan (Himateta), M. Abdi Manaf Zuhri (Himitepa), Ari Adi Nugraha (Himalogin), dan M. Rizky Ramadhan (Himatesil). Presentasi ini bertujuan menginformasikan program kerja masing-masing LK, sehingga dapat meningkatkan eksistensi LK di hadapan mahasiswa Fateta.
Dialog publik menghadirkan Dekan Fateta IPB, Bapak Dr. Ir. Sam Herodian, M.S., selaku pembicara. Sesuai dengan tema acara, Bapak Dekan menjelaskan tentang Fateta emas dan rencana-rencana yang akan diadakan dalam menyambut Fateta emas. Akhirnya, isu-isu mengenai Fateta emas dan acara-acara yang akan dilaksanakan benar adanya. Bapak Dekan juga menyampaikan bahwa akan diadakan acara-acara dan program bertaraf nasional dan internasional, berupa kompetisi dan pertukaran pelajar. Tak kalah dari itu semua, akan ada pula launching buku mengenai perkembangan teknologi pertanian selama 50 tahun Fateta.

Selain itu, ada pula pameran poster LK/LS yang menampilkan poster-poster yang berisi program kerja masing-masing LK/LS. Struktur keanggotaan, visi, misi, dan logo LK/LS juga ditampilkan pada pameran. Acara ditutup dengan penampilan Batalyon Merah dengan sambut riuh mahasiswa Fateta.

Selasa, 15 April 2014

Press Release Up Grading DPM Fateta IPB “Menjadi Kapas Merah”

Lembut sinar mentari pagi mewarnai langit Bogor pagi pukul 06.30 ini. Langkah kaki para punggawa DPM Fateta IPB menuju Koridor Fateta untuk berkumpul demi mengikuti Up Grading yang bertema “Menjadi Kapas Merah” ini. Berbagai macam dress code yang telah ditentukan bagi masing-masing kelompok mereka kenakan. Berbagai macam bentuk kado yang akan ditukarkan dengan pasangannya pun mereka bawa. Setelah berkumpul, mereka menuju Gladiator untuk bertemu dengan penyelenggara Up Grading, yaitu kakak-kakak dari Rumah Belajar Leadership FIM Hore Bogor. Terdapat total 18 peserta dari 20 orang anggota DPM yang mengikuti Up Grading kali ini.

Kumpul di meeting point. pagi hari, 07.00 am


Up grading dibuka oleh Kak Gugi Yogaswara yang merupakan manajer RumbeL. Kegiatan dilanjutkan dengan Warming Up bagi peserta. Peserta disugesti agar seluruh permasalahan yang dihadapi diasumsikan sebagai suatu benda lalu benda tersebut dimasukan ke dalam kotak dan kotak tersebut dikunci kemudian kuncinya dibuang. Sugesti ini dilakukan agar peserta dapat secara total menerima materi yang akan disampaikan melalui permainan-permainan ini. Selanjutnya adalah permainan yang bersifat mengasah kemampuan otak (kognitif). Tiap kelompok diharuskan untuk membuat perahu kertas dengan ketentuan bahwa tiang perahu harus setinggi 2 mm dan sisi perahu harus sejajar. Kelompok yang memiliki jumlah perahu yang memenuhi ketentuan terbanyak, berhak berangkat terlebih dulu. Alhasil, kelompok 1 dengan jumlah perahu yang sesuai yaitu sejumlah 9 perahu berangkat terlebih dahulu.

Kabir = Kapas Biru (oposisi kapas merah) ketua: Arief lalala yeyeye

Kelompok Kuning sang mentari, dipimpin Nandri

Permainan selanjutnya yaitu permainan yang mengasah kemampuan negosiasi, kejujuran, dan integritas. Setiap kelompok ditugaskan untuk menukarkan dua buah permen seharga Rp. 500,- dengan barang ataupun uang senilai minimal Rp. 20.000,- dalam waktu 40 menit. Masing-masing kelompok berhasil menyelesaikan tantangan dengan baik. Bermacam-macam cara dilakukan mereka untuk bernegosiasi. Ada yang menukar permen itu dengan Al-Qur’an, ada yang menjadi penjaga toko di Bara, ada yang menukar dengan sepatu temannya, dan lain-lain.

Setelah berhasil menyelesaikan tantangan tersebut, tantangan selanjutnya menunggu peserta. Peserta diarahkan menuju ATM Center. Di sana, terdapat lima misi yang harus dijalankan oleh peserta. Ada tantangan mengajak senam pada orang selain anggota kelompok, tantangan berfoto bersama seseorang yang memakai jeans dan baju putih, tantangan mengumpulkan sampah sampai satu kantong besar, dan menyeberangkan orang. semua tantangan ini harus dilakukan dalam waktu 20 menit. Hampir semua kelompok dapat menyelesaikan tantangan dalam waktu kurang dari 20 menit.

Briefing Game : Integrity

Peserta menuju area di dekat Green TV untuk permainan selanjutnya. Permainan kali ini berbentuk seperti ular tangga, hanya saja halangan yang terjadi adalah gulungan kertas yang berisi pertanyaan. Pertanyaan-pertanyaan yang dimunculkan diharapkan dapat menjadikan keterbukaan antar peserta. Selain berupa pertanyaan, halangan yang didapat peserta yaitu permainan Eat Bullaga. Kata-kata yang ditebak berkaitan dengan DPM. Setelah permainan ular tangga ini, peserta digiring menuju Arboretum Arsitektur Lanskap. Di tempat ini, kado yang sebelumnya dibawa peserta ditukarkan dengan pasangannya.

Selfie rame-rame boleh lah yaaa- Ismi-

Berbagai macam ekspresi dan reaksi ditampakkan oleh masing-masing peserta ketika menerima kado dari pasangannya. Seusai tukar kado ini, peserta menuju ke tengah arboretum untuk mengikuti permainan selanjutnya. Sebuah tiang obor berdiri di tengah segitiga yang terbentuk dari susunan bilah bambu yang di atasnya terdapat sebuah obor. Tugas yang harus diselesaikan oleh semua peserta adalah menyalakan semua obor dan mempertahankan nyala apinya. Obor yang di tengah hanya boleh dinyalakan jika ketiga tiang obor yang berada di sekelilingnya sudah dinyalakan terlebih dahulu.

Permainan pun dimulai. Strategi yang telah didiskusikan sebelumnya dilaksanakan oleh peserta. Satu per satu obor dinyalakan dan beberapa peserta menjaganya agar tetap menyala. Godaan dari panitia terus mendera peserta untuk memadamkan obor. Terjadi bahu-membahu antar peserta untuk menjaga nyala api. Hingga akhirnya obor yang di tengah dapat dinyalakan. Permainan berakhir.

Sesi selanjutnya adalah penyampaian dari RumbeL. Peserta berdiri melingkar mendengarkan hal itu. kesan pesan selama Up Grading ditanyakan. Pendapat mengenai DPM disampaikan. Namun, siapa sangka, semua peserta disuruh menutup mata dan begitu membuka mata, sudah ada sebuah kue tar yang di atasnya telah tegak lilin magic di hadapan seorang anggota yang sedang ulang tahun. Acara ditutup dengan foto bersama anggota DPM dan RumbeL. Keceriaan belum usai, antar peserta saling menyolek wajah dengan krim dari kue tar. Segala keceriaan ini mungkin akan terus berlanjut di antara anggota DPM Fateta IPB.

makan es krim dan kue tart. melepas lelah :D

Semoga segala sesuatu yang kita bangun bersama, di sini, saat ini, akan tetap terus berdiri tegak di hati, sampai kapanpun, meski kaki melangkah kemanapun-VIVA LEGISLATIVA

Jumat, 28 Maret 2014

Minggu, 23 Maret 2014

Press Release Pra-Upgrading DPM Fateta "Menjadi Kapas Merah"

Rinai hujan yang terus menderas pagi 23 Maret 2014 ini tak menghentikan langkah kami untuk tetap mengadakan pra-upgrading DPM Fateta IPB yang telah direncanakan sebelumnya. Awalnya, tempat pelaksanaan yang oleh Komisi Kapak Merah (Komisi Internal DPM Fateta-red) adalah halaman Rumah Kapas Merah (itu nama sekretariat kami untuk tahun ini-red), sayangnya rintik hujan yang membasahi rerumputan di halaman tidak memungkinkan kami untuk melaksanakan acara di sana. Jadilah acara dilaksanakan di Koridor Fateta, di sisi timurnya. Perlengkapan logistik pun dipasang, jarkoman pemindahan tempat juga disebar. Akhirnya, tepat pukul 08.30 WIB acara dimulai.

Master of Ceremony dadakan untuk acara ini adalah Ilham Marvie atau yang biasa dipanggil Marvie, beliau adalah Ketua Komisi Kapak Merah. Acara dibuka olehnya dengan membaca basmala dan jargon kebanggaan insan legislatif. Selanjutnya yaitu pembacaan ayat suci Al-Qur’an (QS Ash-Shaf: 1-4) oleh Yoga Armando, yang merupakan ketua pelaksana Pra-upgrading dan Upgrading DPM-F. Hal-hal inti pun dimulai, yaitu penyampaian materi oleh pembicara dari anggota Forum Indonesia Muda (FIM), Kak Dimas Surya Utama. Materi yang beliau sampaikan berkaitan dengan Self Management. Banyak hal yang didapat peserta dari materi ini, terutama tentang mengenal diri sendiri, bagaimana meningkatkan kelebihan yang telah dimiliki, manajemen amanah, dan sebagainya. Materi disampaikan dengan banyak simulasi keadaan yang membuat peserta termotivasi untuk terus memperhatikan. Selain itu ada juga 3 personel dari FIM yang membantu pelaksanaan materi ini.

Pembicara selanjutnya adalah Kak Gugi Yogaswara. Masih dari  organisasi yang sama dengan kak Dimas. Beliau juga merupakan ketua BEM-F tahun 2012. Penyampaian materi dilakukan dengan bedah film “12 Angry Men” karya Henry Fonda, sebuah film yang diproduksi pada tahun 1957 dan mengisahkan tentang 12 lelaki yang sedang menjadi juri untuk menentukan bersalah atau tidaknya seorang anak dengan latar belakang broken home dan tumbuh di lingkungan kumuh yang didakwa membunuh ayah kandungnya yang telah menyiksanya sejak ia berusia 5 tahun. Dua belas lelaki ini memiliki perbedaan karakter yang unik dan menggambarkan jenis-jenis karakter yang umum ditemukan dalam kehidupan ini. Oleh karena itu, film ini sangat relevan untuk mengkaji masalah yang sering kali terjadi pada DPM-F. Nilai-nilai awareness terhadap diskusi yang sehat juga termaktub dalam film ini. Peserta sendiri terlihat menikmati sesi ini dengan wajah bahagia dan juga dengan donat bateng serta teh kotak yang disediakan panitia.

Acara terus berlanjut dengan penugasan untuk sesi up-grading. Ya, tiap peserta diharuskan untuk memberikan hadiah yang bernilai antara Rp. 5.000,00- Rp. 30.000,00 pada peserta lain yang namanya telah ditentukan oleh panitia. Hadiah yang diberikan haruslah bermanfaat dan bermakna bagi peserta yang dituju. Seperti yang telah direncanakan, acara pun selesai pada pukul 12.00. Masih dengan gelapnya langit dan derai hujan. Sama halnya dengan pembukaan, acara ditutup dengan jargon 

VIVA LEGISLATIVA!

Minggu, 16 Maret 2014

Kamis, 13 Maret 2014

Visi-Misi DPM Fateta 2014


well.. this will be our prayer. bekerja keras, ikhlas, penuh kontribusi. Hidup Mahasiswa! :D

VISI :


Dekat - Peduli - Profesional


MISI :

  1. Menjadikan DPM sebagai wadah aktualisasi diri pengurus DPM.
  2. Menciptakan dan menjaga kesolidan internal DPM.
  3. Mengoptimalkan fungsi legislasi, anggaran, dan controlling LK fateta.
  4. Transparansi kerja DPM secara lembaga dan personal pengurus DPM.
  5. Aktif menyerap, menampung, merumuskan, dan menindak lanjuti aspirasi mahasiswa Fateta ke pihak-pihak terkait.
  6. Menjalin koordinasi yang baik, terarah, dan berkelanjutan untuk menciptakan dan menjaga suasana sinergis LK Fateta.
  7. Proaktif dalam menyelesaikan beragam permasalahan LK Fateta

Makna dibalik Penamaan "Dewan Kapas Merah"

Dewan “Kapas Merah 2013/2014

mungkin banyak yang bertanya tanya ya sahabat? tentang nama DPM Fateta periode 2014 ini. kok gini namanya? kok lucu ya??

hmm.. hari itu ketika pleno, Wiliandi Saputro sang maestro filosfi DPM fateta mengajukan nama ini lengkap dengan 

Filsosfi/makna dibalik penamaan Dewan “ Kapas Merah” :
1.       “Kapas yang telah memasuki usia pemanenan cangkangnya akan mulai terbuka.”

Menggambarkan : Semangat baru para dewan kepengurusan 2013/2014 yang energik dan sinergik. Dewan Perwakilan Mahasiswa Fateta IPB yang selalu terbuka menerima aspirasi masyarakat Fateta, terbuka didalam kegiatan-kegiatan kerja guna menunjang kredibilitas dan profesionalitas anggota Dewan Perwakilan Mahasiswa Fateta IPB.

2.       “Kapas-kapas yang mulai terlepas dan berhamburan dari cangkangnya, menyebar keseluruh lingkungan disekitarnya.”

Menggambarkan : Dewan Perwakilan Mahasiswa Fateta IPB mewadahi bagi setiap mahasiswa Fateta  tanpa terkecuali, untuk menyuarakan aspirasinya dengan komitmen yang selalu kami jaga “ dekat-peduli-profesional.”

3.       “Warna Merah dibalik penamaan Kapas Merah.”

Menggambarkan : Kualitas sebuah pohon kapas yang menghasilkan buah kapas terbaik dan berkualitas. Tidak ada segala bentuk kegiatan /kerja yang dilakukan oleh DPM Fateta akan sukses dan berkualitas tanpa didukung oleh Rakyat Merah, Rakyat Fateta IPB.

Perwakilan Departemen

ehemm.. para punggawa DPM Fateta Dewan Kapas Merah.

ini dia asal departemen mereka. sampaikan, tanyakan, ceritakan, laporkan, apalagi yaaa.. hehe.. apapunlah yang terkait kelembagaan dan fakultas kita. insyaAllah kita cari solusinya.

here we are.. :D




 tegur kami bila salah, perhatikan kerja kami, nilailah kami :D

wassalam

Sabtu, 22 Februari 2014

Kumpulan Peraturan Fakultas Teknologi Pertanian

Kumpulan Peraturan Fakultas Teknologi Pertanian 2015



Perfak no.1 tahun 2014 tentang perubahan Lembaga Kemahasiswaan Fakultas Teknologi Pertanian Institut Pertanian Bogor

download perfak no.1 tahun 2014

Perfak no.2 tahun 2014 tantang Garis Besar haluan kerja BEM Fateta IPB

download perfak no.2 tahun 2014

Perfak no.3 tahun 2014 tantang Tata Kerja DPM Fateta IPB

download perfak no.3 tahun 2014

Perfak no.4 tahun 2014 tantang Kode Etik LK Fateta IPB

download perfak no.4 tahun 2014

Perfak No. 5 tahun 2014 Tentang Standar Penilaian Kinerja BEM Fateta
download perfak no.5 tahun 2014

https://drive.google.com/file/d/0B7o1llOUguW9NnhldHRjUThFMXM/view?usp=sharing

Minggu, 16 Februari 2014

Profil dan Sejarah

Dewan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian (DPM FATETA)
PROFIL DAN SEJARAH
DPM Fateta merupakan lembaga legislatif mahasiswa yang berkedudukan di Fakultas Teknologi Pertanian IPB. Selayaknya lembaga legislatif dan sebagai lembaga tertnggi dalam hirarki kelembagaan di Fateta, DPM Fateta IPB memiliki tugas dan fungsi utama dalam hal legislasi yaitu pembuat peraturan-peraturan atau perundang-undangan yang bertujuan untuk pelaksanaan kelembagaan mahasiswa fateta secara lebih teratur dan mencapai sasaran atau tujuan yang dikehendaki bersama. DPM Fateta tentunya juga memiliki fungsi controlling terhadap kinerja lembaga eksekutif, yaitu Badan Eksekutif Mahasiswa Fateta (BEM FATETA) agar dapat menjalankan fungsinya sesuai tujuan yang diharapkan. Selain itu DPM Fateta melaksanakan fungsi budgeting dan yang paling penting adalah mengoptimalkan funsi aspirasi terhadap mahasiswa. DPM Fateta didirikan pada tanggal 7 November 1998 di Bogor.

logo abadi DPM Fateta


Logo DPM Fateta menggambarkan adanya kesinergisan dan kesatuan antara Lembaga Kemahasiswaan yang ada di Fateta IPB. Hal ini digambarkan dengan bentuk lingkaran, warna merah menggambarkan Fakultas Teknologi Pertanian IPB dan logo IPB menggambarkan bahwa DPM Fateta merupakan Lembaga Kemahasiswaan Yang berkedudukan di IPB dengan tetap menjunjung tinggi tri dharma perguruan tinggi.
http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html